Teknologi Baru yang Memengaruhi Pabrik Cerdas

Barang elektronik memengaruhi perubahan dalam produksi, dari robotika dan IIoT hingga pencetakan 3 D serta penandaan dan pengukiran menggunakan laser.

Bagian logam di dalam mesin penandaan laser Epilog FiberMark
Laser adalah cara yang efektif untuk menerapkan tanda pada bagian-bagian dengan beragam bentuk, ukuran, dan jumlah.

Tidak semua pabrik siap melakukan produksi otomatis, saat para robot otonom menempati pabrik dan tidak memerlukan lampu sama sekali; semuanya hanya berupa deretan mesin yang berfungsi dalam kegelapan.

Tetapi demikian ini bukan berarti teknologi tidak mengubah dan memengaruhi cara pabrik modern beroperasi dan produk apa yang dapat dibuatnya. Dari industrial internet of things (IIoT), hingga pencetakan 3D, hingga robotika, hingga meningkatnya penggunaan laser industri, mengintegrasikan teknologi baru ke dalam sebuah pabrik membuat proses produksi menjadi lebih otonom, lebih murah, dan lebih efisien.

IIoT dipandang sebagai pelopor untuk pabrik modern. Pabrik-pabrik yang terhubung internet mampu memonitor dan mengendalikan hampir semua hal dalam proses produksi dan dapat dikelola baik dari lantai pabrik atau dari jarak jauh. Konektivitas mempercepat otomatisasi dan juga membuat proses produksi mampu memanfaatkan analisis kognitif, pembelajaran mesin dan data besar, sehingga muncul wawasan untuk produksi yang efisien untuk berbagai perangkat dan optimalisasi pemeliharaan serta penggunaan peralatan. Hasil keseluruhannya nanti adalah manajemen pabrik yang efektif yang meningkatkan jaminan kualitas dan mengurangi biaya. Menjelang 2020, menurut perusahaan riset pasar Gartner, Teknologi IoT akan diikutsertakan sebanyak 95 dari semua produk elektronik untuk berbagai desain produk baru, termasuk penggunaan IoT di ruang industri untuk membangun perangkat ini.

Sejumlah tanda logam aluminium laser dianodisasi yang diukir menggunakan laser
Kemampuan laser untuk menandai aneka produk dengan kode atau ID tertentu pastinya menghadirkan fitur bernilai tambah ke pabrik cerdas sekaligus mencegah terjadinya pemalsuan bahan.

Pencetakan 3D telah mendapatkan banyak perhatian selama beberapa tahun terakhir berkat kemampuannya dalam membangun hampir semua jenis perangkat atau produk dengan cara yang murah. Untuk sementara, pencetakan 3D terbatas pada pembuatan plastik, dengan mencetak bahan tersebut lapis demi lapis. Namun, teknologi ini telah meningkat dengan banyaknya perusahaan yang mampu mencetak logam, beton, dan bahan lainnya menggunakan pola pencetakan 3D untuk berbagai penggunaan seperti penggantian suku cadang otomotif, sayap pesawat terbang, jembatan beton, perumahan, dan masih banyak lagi. Bahkan ada kumpulan printer 3D yang didirikan yang dapat beroperasi sepanjang siang dan malam, dengan interaksi minimal dengan para pekerja manusia saat mereka menghidupkan perangkat dan komponen.

Penggunaan robot di pabrik-pabrik telah tumbuh secara substansial selama lima tahun terakhir; robot-robot ini kini dapat ditemukan di lantai pabrik, di gudang produksi, dan logistik. Saat ini ada penekanan pada robot kolaboratif, atau cobot, yang bekerja bahu membahu dengan pekerja manusia untuk mencapai tujuan bersama. Beberapa cobot ini hanyalah berupa lengan mekanis yang dapat digunakan untuk tugas-tugas seperti pengelasan atau pembuatan papan sirkuit atau menghubungkan elektronik; sedangkan yang lain adalah mesin yang lebih besar yang bisa melakukan angkat berat atau bahkan memasak makanan. Sebuah penelitian oleh MIT baru-baru ini menunjukkan bahwa robot yang bekerja dengan manusia di pabrik lebih efisien daripada hanya robot tunggal atau manusia tunggal yang bekerja sendiri. Penelitian ini juga mendapati bahwa skenario ini mengurangi ketidakproduktifan sebesar 85 percen. Pabrik cerdas condong menggunakan cobot untuk menyelamatkan manusia dari perlunya melakukan tugas berbahaya atau mematikan, namun juga mencegah robot menggantikan tenaga kerja manusia sepenuhnya. Sementara masih dalam tahap awal adopsi, cobot diharapkan dapat menciptakan peluang yang sangat signifikan di sektor produksi.

Sejumlah pelat logam yang ditandai dengan laser serat.
Pengukiran dengan laser dapat membuat tanda berkualitas tinggi yang dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai kode barang, pemindai RFID, atau alat pelacakan inventaris lainnya.

Sementara itu, meningkatnya penggunaan laser industri dalam proses produksi dapat dilihat dalam aplikasi seperti pengolahan bahan laser, permesinan mikro laser, penandaan laser, dan pengukiran laser. Teknologi laser memberi pabrik kemampuan untuk menghadirkan nilai tambah pada produk yang dibuat. Contohnya termasuk mengukir nama atau logo kustom; membuat kode batang pada beberapa produk secara bersamaan; menambahkan tanda identifikasi untuk mencegah pemalsuan; dan memroduksi berbagai tanda laser pada sejumlah bahan, seperti logam polos, logam berlapis, logam dianodisasi, dan logam berlapis. Dalam setiap kasusnya, pekerjaan dapat dilakukan dengan sangat detail.

Pengukiran dengan laser juga membantu melindungi kekayaan intelektual berkat kemampuannya untuk menambahkan nomor seri, stempel waktu, nomor komponen, label komponen, tanda kode matriks data, merek, dan kode khusus industri – dan masing-masing dengan tanda berkualitas tinggi yang dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai kode batang atau alat pelacak inventaris lainnya yang penting bagi pabrik cerdas. Selain itu, sistem laser dapat dihubungkan ke jaringan pabrik sebagai manifestasi IIoT, sehingga mampu menghadirkan banyak peluang baru untuk pemeliharaan sistem, pemantauan, operasi, pemecahan masalah jarak jauh, dan dukungan produk.



Untuk informasi selengkapnya tentang cara mengintegrasikan pemotongan dan ukiran laser ke pabrik Anda, isilah formulir di halaman ini atau hubungi kami di nomor di bawah ini untuk membahas aplikasi Anda dan untuk mengatu demo dengan distributor di daerah Anda.


Telepon: (62) 21221 - 889 - 40

Dapatkan Brosur & Sampel Gratis

Dapatkan brosur dan sampel, serta dapatkan lebih banyak informasi dari kami atau distributor lokal Anda.

*
*
*
*


Halaman Populer

help desk software
Portions of this page translated by Google.