Laser It Challenge #4: Kamera IRIS - Templat Jig Gigi Sepeda

Selamat datang di episode Epilog Laser It Challenge kali ini. Mungkinkah untuk membuat jig dan templat menggunakan sistem Kamera IRIS?

  1. Kita akan mulai dengan menempatkan keping matboard hitam dan roda gigi chainring di atas permukaan kerja di bawah kamera Fusion Edge. Menggunakan penampang dari papan matte hitam akan memberikan kontras tinggi antara chainring logam dan latar belakangnya, yang penting untuk jiplak otomatis yang bagus pada langkah selanjutnya.

    matboard hitam untuk gigi roda chainring

  2. Selanjutnya, kita akan menggunakan fitur Fokus Otomatis untuk memfokuskan kamera IRIS ke chainring untuk pengambilan gambar seukuran aslinya.

    tutup penutupnya dan fokuskan ke chainring

  3. Untuk mengumpulkan pengambilan gambar dengan Kamera IRIS, buka Job Manager dan klik ikon Camera Options (Opsi Kamera) di pojok kanan atas

    klik ikon kamera di sebelah kanan atas

  4. Pilih opsi Overhead Video untuk membuka feed video langsung Kamera IRIS.

    pilih overhead video

  5. Feed Overhead Camera (kamera atas) memberikan tampilan atas-bawah dari area kerja dan mencakup pengaturan Automatic (Otomatis) untuk kecerahan dan kontras.

    Kita juga bisa mematikan fitur Automatic dan menyesuaikan kecerahan dan kontras secara manual untuk mencapai hasil kustom.

    Untuk contoh ini, kami telah mematikan pengaturan Automatic dan menyesuaikan kecerahan dan kontras untuk mencapai hasil kontras tinggi antara penampang matte hitam dan chainring logam kami.

    kontras kecerahan manual

  6. Dengan kecerahan dan kontras yang kini dioptimalkan untuk pengambilan gambar, kita akan memilih tombol Copy Background Image (Salin Gambar Latar Belakang) untuk menyalin tampilan Kamera IRIS ke papan klip komputer.

    salin gambar latar belakang ke papan klip

  7. Sekarang pada CorelDRAW, kita akan menempelkan tangkapan gambar kami ke dokumen 24” x 12” yang baru, kemudian klik kanan gambar dan pilih Edit Bitmap untuk membuka gambar di Corel PHOTO-PAINT tempat akan dilakukannya beberapa penyesuaian.

    tempel tangkapan latar belakang ke coreldraw

    klik kanan gambar pilih edit bitmap

    buka gambar di corel photo paint

  8. Pilih Crop Tool dari Toolbox di sebelah kiri dan gambarlah kotak crop di sekitar chainring, dengan menyisakan margin yang cukup di sekitar bagian luar.

    pilih crop tool

  9. Pada titik ini kita akan menghapus gigi chainring menggunakan Eraser tool. Melakukan ini akan memberikan Vector Trace dengan kualitas yang jauh lebih baik saat kita kembali ke CorelDRAW.

    hapus gigi chainring

  10. Pilih Eraser tool dari Toolbox di sebelah kiri dan mulailah mengklik dan menghapus piksel abu-abu yang terlihat di ujung gigi chainring.

    pilih eraser tool

    hapus gigi chainring

    Eraser tool dilengkapi dengan beberapa opsi untuk memperbesar ukuran dan bentuk alat, tetapi untuk contoh ini pengaturan default bekerja dengan sempurna untuk mencocokkan lekukan pada ujung setiap gigi chainring.

  11. Setelah semua gigi cahainring sudah terhapus, kita akan menggunakan opsi Invert Colors di PHOTO-PAINT untuk membalikkan warna dalam pengambilan gambar.

    Dari bilah Menu di bagian atas layar, pilih Image > Transform > Invert Colors untuk membalikkan gambar.

    balikkan warna gambar

    hasil pembalikan warna

  12. Sekarang kita akan menghapus latar belakang gambar, yang sekarang warnanya abu-abu dengan menggunakan Magic Wand Mask tool. Klik dan tahan alat Rectangle Mask di Toolbox di sebelah kiri, dan pilih alat Magic Wand Mask dari opsi.

    magic wand mask

  13. Klik pada gambar chainring hitam untuk membuat seleksi chainring, lalu klik kanan seleksi dan pilih Apply Smart Selection to Mask dari menu.

    klik pada area chainring hitam

    terapkan smart selection ke mask

  14. Sebagai langkah terakhir sebelum kembali ke CorelDRAW untuk menjiplak vektor, kita akan membalik seleksi mask dengan mengklik opsi Invert Mask dari bilah menu Standard di bagian atas layar.

    balikkan seleksi ke latar belakang

  15. Lalu tekan Delete untuk menghapus latar belakang.

    tekan delete untuk menghapus latar belakang

  16. Untuk menyelesaikan gambar dan kembali ke CorelDRAW, kami akan mengklik tombol Finish Editing pada bilah menu Standard di bagian atas layar, lalu pilih Yes saat diminta untuk menyimpan perubahan ke bitmap

    selesai mengedit

    yes untuk menyimpan perubahan

  17. Setelah PHOTO-PAINT menyelesaikan penyimpanan, kita akan pindah ke CorelDRAW untuk membuat penelusuran vektor dari gambar bitmap yang baru disesuaikan.

    kembali ke coreldraw

  18. Kembali ke CorelDRAW dengan gambar yang dipilih, kita akan memilih tombol Trace Bitmap pada bilah Property di bagian atas layar dan pilih Outline Trace > Low Quality Image dari opsi untuk membuka fitur PowerTrace CorelDRAW.

    trace bitmap powertrace

    fitur powertrace

  19. Kita akan mulai dengan memilih tab Color di sebelah kanan atas PowerTrace, lalu atur Color Mode ke RGB dan Colors menjadi 2. Pengaturan ini akan menyederhanakan jiplakan vektor gambar dan memberi kita hasil hitam putih saja.

    opsi colortab

    atur color ke rgb dan colors ke 2

  20. Selanjutnya, kita akan kembali ke tab Settings untuk beberapa penyesuaian pada pengaturan Detail and Smoothing.

    tab pengaturan powertrace

  21. Kita akan mengatur Detail ke 100, dan Smoothing ke 31 dan klik OK di bagian bawah layar.

    powertrace pengaturan detail smoothing ok

  22. Fitur PowerTrace tidak sempurna untuk semua proyek penjiplakan vektor, tetapi untuk konversi dan contoh hitam putih ini, fitur ini bekerja dengan sangat baik. Bergantung pada berbagai faktor seperti kecerahan dan kontras, DPI pengambilan bitmap, dan pencahayaan, Anda mungkin harus bereksperimen dengan berbagai pengaturan PowerTrace untuk mencapai hasil yang Anda lihat di sini.

    powertrace benefits tracing

  23. Setelah penjiplakan vektor selesai, kita akan membuat salinan hasil dan memindahkannya ke sisi area dokumen kita untuk digunakan pada langkah selanjutnya.

    salin sisihkan untuk langkah selanjutnya

  24. Untuk membuat jig untuk chainring, kita hanya butuh garis bentuk chainring. Untuk memisahkan garis bentuk chainring, kita akan klik kanan grup vektor, pilih Break Apart dari opsi menu, lalu pilih lubang chainring bagian dalam yang tidak kita perlukan dan tekan Delete.

    memecah-mecah kurva

    versi chainring yang terisi

  25. Dengan garis bentuk chainring yang telah dipisahkan, kita sekarang akan membuat jig dengan 4 kolom dan 2 baris lubang chainring.

    matriks 4x2 bagian chainring

  26. Catatan singkat di sini, mengaktifkan Alignment and Dynamic Guides di bawah menu View dalam CorelDRAW akan membuat penyelarasan dan pembuatan matriks lubang jig lebih mudah dalam langkah-langkah berikut.

    panduan dinamis penyelarasan

  27. Untuk membuat matriks jig, kita akan mulai dengan memilih bentuk chainring, dan sambil menahan tombol Shift, seret salinan di bawah aslinya dan tekan Spacebar untuk membuat duplikat. Lalu hapus salinannya yang lain.

    duplikat kolom 1 chainring

  28. Kita sekarang akan memilih dua bentuk chainring dan ulangi prosesnya sampai membuat pengaturan jig 4 x 2 dari bentuk chainring yang akan menjadi lubang pada jig kita.

    4x2 untuk penempatan chainring akhir

  29. Sekarang pilih semua bentuk chainring, lalu pada Color Palette di sisi kanan layar, klik kanan Black dan klik kiri tidak satu pun untuk memberi chainring garis hitam tanpa isian warna.

    isian bagian dalam garis bentuk hitam dan klik tidak ada

    memotong garis bentuk untuk pemotongan jig

  30. Kita sekarang siap untuk mencetak dan memotong jig chainring pada laser. Kita akan menyiapkan pengaturan Process laser untuk cardboard bergelombang. Ada banyak jenis bahan yang cocok untuk penggunaan jig - kayu, akrilik, plastik yang dapat diukir, dan cardboard misalnya. cardboard bergelombang adalah bahan yang bagus untuk jig sekali pakai karena sudah tersedia dan murah.

  31. Kita akan memulai bagian proyek ini dengan mencetak file ke Epilog Software Suite.

    mencetak potongan jig chainring ke laser

  32. Dalam Epilog Software Suite, kita akan menyesuaikan pengaturan berikut:

    Pengaturan Pengukiran
    Mesin: 60-Watt CO2 Fusion Edge 12
    Jenis ProsesVector Kecepatan25% Daya100% Frekuensi50%
    (Pastikan untuk memeriksa pengaturan bahan yang direkomendasikan di manual mesin Anda.)

    Lalu Print (Cetak) file ke laser.

    pengaturan perangkat lunak

  33. Pada laser, kita akan memuat lembaran cardboard bergelombang 24” x 12” ke alas sistem laser di pojok kiri atas, tutup penutupnya, fokuskan pada bahan, dan tekan tombol Go untuk mulai memotong pekerjaan.

    memuat cardboard di alas laser

    memotong cardboard jig chainring dengan laser

  34. Setelah pekerjaan selesai, kita akan menghapus semua potongan yang tidak perlu dari alas laser dan menempatkan kembali jig di posisinya pada alas laser.

    lepaskan sisa carboard yang telah dipotong dengan laser

  35. Sekarang saatnya menyiapkan bagian chainring untuk pengukiran.

  36. Jika kita menggunakan laser serat Epilog, kita dapat menandai langsung pada chainring, tetapi untuk contoh ini kita menggunakan semprotan penanda logam Enduramark untuk laser CO2, senyawa penanda logam yang memberikan Fusion Edge dengan laser CO2, kemampuan untuk menandai di atas komponen dan bagian logam polos.

    referensi serat bagian logam

    semprotan senyawa penandaan logam co2 enduramark

  37. Kita akan meletakkan bagian-bagian chainring ke selembar cardboard, lalu menutupi bagian-bagian tersebut dengan semprotan Enduramark Black sampai bagian tersebut tertutup secara merata dengan satu lapisan semprotan penanda logam.

    menerapkan semprotan ke bagian

  38. Setelah semprotan penanda logam mengering, kita akan menempatkan bagian chainring ke dalam jig sebagai persiapan untuk penandaan laser.

    enduramark menyemprot bagian-bagian dalam jig pada laser

  39. Kembali di CorelDRAW, kita melanjutkan dan menggunakan file jig sebagai templat untuk menyelaraskan dan menduplikasi file penandaan kami ke ruang di dalam jig di mana kita telah menyiapkan bagian.

    file akhir templat coreldraw

  40. Karya yang akan kita gunakan untuk chainring mencakup nomor seri, kode matriks data, logo, dan teks deskripsi chainring.

    penyiapan file dan karya

  41. Dengan karya yang siap digunakan, kita hanya akan memilih karya yang akan dicetak untuk pekerjaan ini.

    karya yang dipilih untuk dicetak

  42. Kemudian kita akan memilih Print dari menu File di bagian atas layar dan pastikan untuk mengklik tombol Selection pada opsi Print range. Sebelum mengklik cetak, kita dapat memastikan di sebelah kanan bahwa kita hanya mencetak karya yang dipilih ke Software Suite, lalu tekan Print.

    pilihan opsi untuk cetak

  43. Pada Epilog Software Suite, kita akan membiarkan Process Type diatur menjadi Engrave dan menyesuaikan perimeter untuk:

    Pengaturan Pengukiran
    Mesin: 60-Watt CO2 Fusion Edge 12
    DPI600 Kecepatan30% Daya100% Pola Simulasi WarnaStucki Arah PengukiranBawah-Atas
    (Pastikan untuk memeriksa pengaturan bahan yang direkomendasikan di manual mesin Anda.)

    Kemudian, kita akan mengklik tombol Print untuk mengirim pekerjaan penandaan ke laser

    pengaturan perangkat lunak penandaan enduramark

  44. Di laser, kita akan memfokuskan laser ke chainring, dan memulai pekerjaan dengan menekan Go

    tekan go untuk memulai pekerjaan

    contoh ukiran

    cermark ukiran

    cermark ukiran

  45. Setelah pekerjaan selesai, semprot chainring dengan air dan bersihkan sisa senyawa penanda untuk mengungkapkan penandaan akhir dan produk jadinya.

    bersihkan sisa semprotan penanda dengan air

  46. Dan selesailah, jig chainring dan templat karya yang dibuat menggunakan sistem Kamera IRIS dan Perangkat Lunak Grafis Corel. Kemudian kita tandai bagian tersebut menggunakan mesin laser Epilog Fusion Edge dan Enduramark.

    jig cardboard

    templat karya

    bagian yang diukir akhir

  47. Semoga tips dan teknik ini membantu kesuksesan Anda dan proyek laser berikutnya. Terima kasih sudah mampir, sampai jumpa lagi.


Tertarik dengan mesin pengukir laser dari Epilog Laser? Isi formulir di halaman ini untuk mendapatkan brosur lini produk lengkap dengan sampel yang diukir dan dipotong, atau hubungi nomor di bawah ini untuk informasi selengkapnya.


Telepon: (62) 21221 - 889 - 40

Dapatkan Brosur & Sampel Gratis

Dapatkan brosur dan sampel, serta dapatkan lebih banyak informasi dari kami atau distributor lokal Anda.

*
*
*
*
Portions of this page translated by Google.