5 Kesalahan Umum dalam pengukiran Laser dan Cara Menghindarinya

Bawa pengukiran Anda ke tingkat selanjutnya dengan tips berguna ini.

Balok kayu yang diukir dengan 'Menghindari Kesalahan Pengukiran'

Entah Anda adalah insinyur berprestasi atau pembuat pemula, mempelajari penggunaan yang tepat dari peralatan desain untuk menghindari kesulitan atau kesalahan memerlukan waktu serta pengalaman.

Seiring waktu, masalah selalu ada yang akhirnya membuat para perancang bertanya-tanya apa kesalahan mereka dan bagaimana mereka dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik. Masalah ini nyata di bidang apa pun dan tidak terkecuali juga pada pengukiran laser.

Dengan mengetahui cara menghindari kesalahan ini, kesalahan itu tidak akan muncul lagi dan masalah pun berkurang. Dengan mengingat hal tersebut, mari bicarakan tentang kesalahan paling umum bila berhubungan dengan pengukiran laser dan cara menghindarinya untuk proyek ke depannya.

Kesalahan 1: Mengukir Kain, tetapi Laser Membakar Bahan

Langkah pertama untuk menghindari membakar kain dengan mesin pengukiran/pemotongan laser adalah dengan memahami kain mana yang dapat tahan dengan proses itu dan pada suhu berapa. Kain yang lebih padat seperti denim, kanvas, dan kulit mampu menahan pengaturan daya yang lebih tinggi selama pengukiran. Tetapi, jika berhubungan dengan kain yang halus, penting untuk memulai pengaturan Anda pada kecepatan tinggi (mendekati atau pada 100%) dan daya rendah (sekitar 5% sampai 10%). Uji pengaturan awal ini pada bahan sisa, dan jika kain dapat menahannya, tingkatkan daya sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda cari.

Berbicara tentang pengukiran langsung ke garmen, akan membantu bila dots per inch (DPI) pada objek yang diukir diturunkan. Semakin tinggi DPI, semakin banyak bahan yang dibuang. Mengukir pada DPI yang lebih rendah membantu memastikan bahwa laser hanya sedikit menguapkan lapisan atas dan tidak membakar seluruh kain. Sebagian besar pengukiran kain sesuai pada 150 sampai 300 DPI.

Ambilan dekat pengukiran kain flis

Kesalahan 2: Akrilik Tidak Menghasilkan Ukiran Efek Putih Buram

Kemungkinan besar, hal ini disebabkan penggunaan akrilik yang salah pada penerapannya. Dua jenis akrilik biasanya digunakan dalam pengukiran laser dan keduanya cocok untuk penggunaan yang berbeda.

Lembaran dan objek akrilik cor dibuat dari akrilik cair yang dituangkan ke dalam cetakan yang kemudian dapat diatur menjadi berbagai bentuk dan ukuran. Akrilik jenis ini cocok untuk pengukiran karena akrilik ini berubah menjadi warna putih buram saat diukir, sehingga bahan ini cocok untuk penghargaan dan plakat. Akrilik jenis ini dapat dipotong dengan laser, namun proyek tidak memiliki kesan hasil tepi yang dipoles api.

Jenis akrilik lainnya yang digunakan dalam pengukiran laser disebut akrilik terekstrusi, yang dibentuk menjadi lembaran oleh mesin. Akrilik terekstrusi umumnya lebih mahal dibanding akrilik cor karena akrilik ini dibentuk melalui teknik produksi dengan volume yang lebih tinggi. Namun, akrilik ini memiliki reaksi berbeda dengan mesin pengukiran laser. Akrilik jenis ini terpotong dengan bersih dan halus serta menghasilkan tepi yang dipoles api; tetapi, saat diukir, bahan ini tidak terlihat buram, tetapi tampilan ukiran yang jernih. Jadi, pastikan Anda menggunakan akrilik cor jika ingin mendapatkan hasil akhir dengan tampilan putih buram.

Plakat akrilik yang diukir laser

Kesalahan 3: Pengukiran Kaca yang Tidak Konsisten

Seringkali, saat laser menembak pada kaca, laser akan membuat permukaannya retak, tetapi tidak bisa mengukirnya secara dalam atau mengeluarkan bahan yang diperlukan agar dapat mengukir sepenuhnya. Permukaan kaca yang retak akan menghasilkan tampilan buram, tetapi permukaannya dapat menjadi kasar dan cuil tergantung pada jenis kaca yang sedang diukir. Meski tampilan buram memang disukai, tapi tidak ada yang menginginkan permukaan yang kasar atau cuil.

Agar dapat menghasilkan hasil akhir buram yang halus, cobalah menerapkan satu atau atau beberapa tips berikut:

  • Gunakan resolusi yang lebih rendah, sekitar 300 DPI, yang akan menghasilkan hasil yang lebih baik pada kaca karena Anda memisahkan titik yang sedang diukir.
  • Ubah warna hitam pada grafis Anda menjadi hitam 80 persen.
  • Jalankan pengukir laser Anda dengan Simulasi Warna Jarvis (pola simulasi warna ini dapat ditemukan pada driver cetak Epilog), yang akan membantu memberikan hasil akhir yang halus.
  • Terkadang, memasang lembaran koran atau kertas tisu tipis dan basah ke area pengukiran akan membantu penghamburan panas dan meningkatkan proses pengukiran. Cukup pastikan tidak ada kerutan di kertas setelah dipasang.
  • Cara lain untuk menghamburkan panas adalah dengan membalurkan tipis-tipis cairan sabun pencuci piring cair ke area yang Anda ukir – baik dengan jari atau kertas tisu.
  • Terakhir, jika ada serpihan kaca setelah pengukiran, poles area dengan spons gosok antigores.
Sepasang kaca yang diukir laser

Kesalahan 4: Pengukiran Kayu Menghasilkan Hasil yang Berbeda pada Pengaturan yang Sama

Kayu adalah salah satu bahan yang paling ramah laser yang tersedia. Bukan hanya karena bahan ini dapat dipotong dengan mudah, tetapi juga karena bahan ini dapat diukir dengan baik.

Namun, jenis kayu yang berbeda akan memiliki reaksi yang berbeda pula saat diukir laser dan menghasilkan hasil yang tidak sama. Kayu yang lebih ringan, seperti ceri atau maple, menghasilkan kontras yang cantik di tempat laser membakar kayu, sementara kayu yang lebih padat memerlukan daya laser yang lebih banyak agar dapat dipotong atau diukir.

Kerapatan serat dapat berubah secara drastis tergantung jenis kayu yang Anda kerjakan. Ceri, alder, walnut, dan maple memiliki urat atau serat yang cukup kecil, sementara oak memiliki urat kayu berukuran menengah atau besar. Contohnya, jika persegi besar diukir di atas sepotong kayu ceri, maka persegi itu akan memiliki tampilan yang sangat seragam, area yang diukir menjadi halus dengan sedikit variasi pada tingginya. Namun, jika persegi yang sama diukir di atas sepotong oak, penampilannya akan sangat beragam dalam hal tinggi dan akan memiliki penampilan yang sangat tidak seragam.

Berikut beberapa tips mengukir kayu:

  • Maple dan alder adalah beberapa dari kayu yang paling populer untuk pengukiran, dengan memberikan kontras yang kaya.
  • Pengukiran kayu polos menghasilkan asap dan kotoran selama prosesnya yang dapat menyatu dengan serat kayu. Untuk mengurangi efek ini, selalu ukir dari bawah ke atas – hal ini membantu menjauhkan asap dari ukiran.
  • Saat mengukir kayu berwarna, sisa asap dan kotoran dapat dilap dari permukaan kayu dengan kain lembap setelah pengukiran.
Kotak rokok kayu yang diukir laser

Kesalahan 5: Pengukir Laser Tidak Bekerja Secepat Dulu

Bersihkan mesin Anda! Layaknya jenis peralatan desain lainnya, mesin yang bersih menghasilkan hasil yang lebih baik dibanding mesin yang tidak terawat dengan baik. Persyaratan pemeliharaan dicantumkan dalam buku petunjuk pengguna mesin laser Anda. Jika penurunan kinerja terjadi dengan cepat, lakukan langkah pertama dengan memeriksa dan membersihkan optik untuk memperbaiki masalah.

Sebaiknya Anda memeriksa optik pada laser (lensa dan cermin) setiap minggu dan membersihkannya sesuai kebutuhan. Jika Anda memotong bahan yang menghasilkan lebih banyak residu, seperti kayu atau akrilik, maka Anda harus lebih sering untuk membersihkan optik. Umumnya, optik berwarna emas jernih, serta cerah, dan berkilau. Jika optik buram atau terdapat noda atau kotoran, waktunya membersihkan.

Interior mesin Epilog Laser

Kesimpulan

Kesalahan yang dijabarkan di atas adalah kesalahan umum di kalangan para pembuat dan perancang yang menggunakan mesin pengukiran laser, terutama mereka yang baru mulai menggunakan peralatan. Tetapi seperti yang Anda lihat, hal ini mudah dihindari jika Anda memiliki pengetahuan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Kami membantu para perancang dan pembuat ukiran di setiap langkahnya dalam proses membeli pengukir laser yang tepat, dengan memilih bahan yang pas untuk digunakan, dan memahami cara mengatasi kesalahan umum, termasuk pustaka artikel basis pengetahuan dan dukungan yang membantu bagi mereka yang mengalami kendala.

Jika Anda tertarik dengan informasi selengkapnya tentang mesin pengukiran laser kami, hubungi kami untuk mengatur demonstrasi dengan distributor di daerah Anda untuk melihat opsi mana yang tepat untuk Anda.



Siap menerapkan tips ini pada mesin laser Anda sendiri? Isi formulir di halaman ini untuk mendapatkan brosur lini produk lengkap dengan sampel yang diukir dan dipotong, atau hubungi nomor di bawah ini untuk informasi selengkapnya.


Telepon: (62) 21221 - 889 - 40

Dapatkan Brosur & Sampel Gratis

Dapatkan brosur dan sampel, serta dapatkan lebih banyak informasi dari kami atau distributor lokal Anda.

*
*
*
*


Halaman Populer

help desk software
Portions of this page translated by Google.